Tuesday 3 October 2006

Mana yang Benar: Sistem Politik Indonesia atau Sistem Politik di Indonesia?

Bagi pihak yang menyamakan makna istilah Sistem Politik Indonesia dengan Sistem Politik di Indonesia, sistem politik harus memiliki kemampuan sekaligus dapat memelihara identitasnya dalam periode tertentu, dengan kemampuan tersebut selalu berada dalam wilayah tertentu meskipun tidak selalu dalam cakupan geografis. Maka dari itu Sistem Politik Indonesia diartikan sebagai Sistem Politik yang berlaku di Indonesia – dengan “Indonesia” sebagai penanda sifat dan kekhasan bagi sistem politik tertentu.

Selain itu, jika beberapa pihak menyatakan bahwa keberadaan kata hubung di berfungsi sebagai sisipan, maka ada pula unsur pembatas dimensi waktu dan makna tertentu yang mempersempit pengertian. Sehingga dari sisi ini, penggunaan kata hubung di dalam istilah Sistem Politik di Indonesia dapat merujuk pada suatu sistem yang pernah berlaku, sedang berlaku, atau berlaku selama eksistensi negara Indonesia. Maka apabila ada pengamat yang menafsirkan Sistem Politik di Indonesia sebagai Sistem Politik yang pernah berlaku di Indonesia, maka jelas tidak akan disinggung tentang Sistem Politik yang sedang berlaku, atau Sistem Politik yang berlaku selama eksistensi negara Indonesia.

Argumen lainnya adalah mengenai lingkungan intra-masyarakat yang berpengaruh pada Sistem Politik Indonesia, yang juga memuat landasan rohaniah bangsa, falsafah negara, doktrin politik, ideologi politik, dan sistem nilai. Sehingga imbuhan kata “Indonesia” dapat ditafsirkan dengan lebih luas dibandingkan imbuhan kata “di Indonesia” yang dapat ditafsirkan secara temporer dan berbeda-beda seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

Sistem Politik di Indonesia merupakan sistem politik yang berlaku di Indonesia secara kewilayahan, sementara Sistem Politik Indonesia berfungsi sebagai mekanisme sesuai dasar negara, ketentuan konstitusional, dan memperhitungkan lingkungan masyarakat secara nyata.
Dengan kata lain, dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Politik di Indonesia memiliki penafsiran dengan cakupan yang lebih sempit sehingga dipilih jalan tengah dengan menggunakan istilah Sistem Politik Indonesia, yang dapat mengurangi kesalahpahaman sehingga lebih menguntungkan untuk digunakan karena memiliki penjabaran yang sifatnya lebih menyeluruh.

No comments:

Post a Comment